Lazuardi haura GIS

My photo
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Lazuardi Haura Global Islamic School cabang dari Lazuardi Global Islamic School- Pusat, adalah sekolah-sekolah yang berada dibawah naungan yayasan Lazuardi Hayati, yang diketuai oleh Dr. Haidar Bagir, dengan konsultan pendidikan Munif Chatib dan sayd Hedar Ali. Merupakan sekolah yang berwawasan global dan menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) dan mengadopsi kurikulum internasional dan standar dari University Of Cambridge International Examinations serta berpandangan islam progresif, mengedepankan pemahaman mengenai perbedaan dan toleransi, termasuk didalamnya dengan menerapkan sistem inklusi yang memberi kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus (special need students) dan terbuka menerima siswa dari berbagai latar belakang. Lazuardi haura GIS berada di perbukitan yang tenang di tengah kota Bandar lampung. Dengan pemandangan laut, sungai dan lereng bukit dengan udara yang sejuk, berada dekat dengan lokasi wisata alam, mendukung pembelajaran yang dekat dengan alam dan jauh dari polusi.Dengan konsep sekolah berorientasi alam menempatkan lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tidak terbatas.

Sunday, January 20, 2008

PROFIL : lazuardi Haura Global Islamic School

LEARNING IS A JOURNEY , NOT A RACE

Bilamana ‘karena kecemasan masa depan’ pendidikan kemudian hanya menekankan kepada penjejalan materi pelajaran secara berlebihan dan bersifat satu arah. Akan berakibat bukan saja proses belajar-mengajar menjadi membosankan, tetapi juga bahkan potensi luar biasa dan kreatifitas anak didik pun banyak tersia-sia. Belum lagi timbulnya ekses-ekses berupa kurangnya inisiatif, kelemahan kemampuan berekspresi dan ketidakpedulian anak-anak kepada lingkungan.
Pendidikan seharusnya merupakan proses jangka panjang (long term process) yang dapat menjadi bekal penting bagi kehidupannya.

KURIKULUM

Kurikulum bukan saja merupakan kumpulan materi yang diberikan dalam jangka waktu tertentu. Tetapi meliputi juga selain material adalah pengalaman belajar di sekolah.

Kurikulum lazuardi Haura dirancang berdasarkan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dari Diknas yang telah diperkaya dengan kurikulum internasional. Sehingga membuka ruang lebih besar untuk membangkitkan kreativitas anak.

Lazuardi haura memberikan penekanan khusus pada pendidikan agama berorientasi aqidah dan budi pekerti (akhlak). Pengembangan kemampuan berbahasa inggris dengan sistem bilingual (bahasa inggris) sebagai medium pengajaran selain bahasa indonesia dan memperkenalkan pemahaman budaya-budaya bangsa (international understanding), serta penggunaan  tekhnologi informasi.

METODE DAN SARANA

Lazuardi Haura menerapkan konsep pendidikan Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) untuk mengenali dan menggali potensi kecerdasan setiap anak yang unik dan menemukan bahwa setiap anak adalah juara. Pembelajaran yang mudah dimengerti dengan  contextual learning, active learning, quantum learning, dengan didukung lingkungan sekolah berorientasi alam. Dalam setiap pembelajaran selalu melibatkan  pendidikan berbasis SI (Spiritual Intelligence), EI (Emotional Intelligence). Lazuardi Haura juga mengakomodasi anak berbakat (gifted child)

Pembelajaran yang berpusat kepada anak (student centered approach) dan pada setiap kegiatannya anak akan diarahkan dengan pendampingan (adult child interaction) untuk mendorong seoptimal mungkin potensi mereka.

Sebagai pembelajar aktif (active learner) setiap anak memiliki perbedaan yang khas seperti dalam kecepatan belajar (multiage), intelligence, kemampuan ataupun minat. Para guru yang terlatih akan mengakomodir keunikan ini dengan membuat differentiated instruction dimana anak dapat mengembangkan kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Sehingga menjadikan lazuardi haura sekolah para juara, karena semua anak akan menjadi  juara.

Metode belajar lazuardi Haura pada dasarnya membekali anak untuk dapat mengembangkan kemampuan analitikal, memiliki jiwa kepemimpinan, mampu memecahkan masalah yang dihadapi, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dapat mengemukakan pendapat, dan memahami pemahaman atas konsekwensi logis terhadap segala hak yang terjadi. Lazuardi haura akan melatih anak-anak untuk menjadi pemimpin masa depan diilhami dengan disiplin kelima (fifth dicipline).

Kesemuanya itu diselenggarakan dalam suasana ramah, akrab lingkungan dan menyenangkan. Metode yang diterapkan lazuardi haura akan menumbuhkan intrinsic motivation pada setiap anak, karena anak akan diakui keunikannya. Untuk itu Lazuardi haura mengembangkan student profile yang berisikan data anak dari berbagai aspek.

Lazuardi Haura memanfaatkan sarana modern yang bermanfaat seperti berbagai buku dan alat peraga modern, sarana audio visual, dan tekhnologi multi media serta berbagai bentuk permainan edukatif dan wahana kegiatan dalam dan luar ruang (indoor dan outsoor activities) termasuk minifarm, mini zoo, kolam renang (aquatic) dan kolam ikan dan sebagainya

Didukung oleh guru-guru dengan latar belakang akademis S1/S2 yang berpengalaman, berwawasan dan berdedikassi tinggi, anak-anak akan menemukan potensi mereka di Lazuardi haura


Sistem belajar dengan sentra-sentra (moving class) baik diruang-ruang kelas maupun diluar kelas khususnya untuk TK dan Pra TK.

Ekskul Siswa (EKSIS) dan MI Club akan mewadahi kegiatan siswa seperti marching band, musik, vokalia, taekwondo, menari tradisional, Tari modern, sempoa, melukis, berenang, berkebun dan berternak, English Club, tahsin dan tahfidz club yang akan dibuka sesuai peminatan siswa setiap tahunnya.

Dengan Konsep sekolah berorientasi alam dan berwawasan lingkungan anak-anak akan bersahabat dengan alam dan lingkungan yang bersih.