Lazuardi haura GIS

My photo
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Lazuardi Haura Global Islamic School cabang dari Lazuardi Global Islamic School- Pusat, adalah sekolah-sekolah yang berada dibawah naungan yayasan Lazuardi Hayati, yang diketuai oleh Dr. Haidar Bagir, dengan konsultan pendidikan Munif Chatib dan sayd Hedar Ali. Merupakan sekolah yang berwawasan global dan menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) dan mengadopsi kurikulum internasional dan standar dari University Of Cambridge International Examinations serta berpandangan islam progresif, mengedepankan pemahaman mengenai perbedaan dan toleransi, termasuk didalamnya dengan menerapkan sistem inklusi yang memberi kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus (special need students) dan terbuka menerima siswa dari berbagai latar belakang. Lazuardi haura GIS berada di perbukitan yang tenang di tengah kota Bandar lampung. Dengan pemandangan laut, sungai dan lereng bukit dengan udara yang sejuk, berada dekat dengan lokasi wisata alam, mendukung pembelajaran yang dekat dengan alam dan jauh dari polusi.Dengan konsep sekolah berorientasi alam menempatkan lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tidak terbatas.

Thursday, April 21, 2011

Kartini Day : Cooking with Family & Market Day 2011

Memperingati Hari Kartini, lazuardi haura GIS menyelenggarakan acara tahunan yang dikemas dalam Family day dengan kegiatan  cooking with family dan market day. Sejak pagi telah tampak kesibukan disekolah, di lapangan sekolah dibawah tenda-tenda yang telah terpasang tersedia meja-meja yang telah disusun dengan rapi, segera saja meja-meja tersebut dipenuhi dengan peralatan masak. Dikelilingi  bapak-bapak yang telah berkumpul didampingi ibu-ibu yang ikut memberikan resep dan petunjuknya, maka dapur-dapur mungil pun siap untuk digunakan. Di ruang kelas SD juga sudah mulai kesibukan ibu-ibu yang mulai menata meja, beraneka warna taplak dengan berbagai motif yang disesuaikan dengan tema penyajian yang dipilih tersusun dengan rapih. Satu persatu peralatan makan tertata, dengan dihiasi bunga, buah dan hiasan meja lainnya.

Menata meja


Memasak


Sementara  di Hall TK dan ruang kelas SD ananda mulai mempersiapkan stand bazarnya.  Ananda Pra TK dan TK menjual hasil karyanya seperti, buku hasil karya,  telur asin, tempat hand phone, gantungan kunci, pinsil hias, phigura, gelang dan kalung manik-manik. Siswa Pra TK dan TK membuka stand bazar berkelompok didampingi guru masing-masing kelas. sedangkan siswa SD menjual berbagai produk makanan dan barang, ada yg dibuat sendiri dan ada yang menjual kembali secara mandiri. Tampak meriah juga adalah 13 stand bazar orangtua siswa yang menjual  berbagai produk baik untuk siswa maupun orangtua

Tujuan Market Day diadakan untuk ananda Pra TK dan TK adalah  mengenalkan nilai ekonomi pada produk hasil karya yg mereka buat sedangkan untuk siswa SD adalah agar anada dapat bertanggungjawab dalam menjalankan kegiatan ekonomi dan kewirausahaan, mengerti nilai uang, melahirkan  kreativitas dan daya saing. Cooking with family bertujuan memberikan contoh kepada ananda bagaimana bapak dan ibu dapat menghargai dan bekerjasama serta berbagi peran dalam keluarga.


Pukul 08.30 WIB, 230 siswa dikumpulkan dalam barisan untuk memulai kegiatan dengan mambaca doa bersama, kemudian siswa menuju pada stand nya masing-masing. Begitu pula 11 kelompok orangtua perwakilan dari tiap kelas mulai memasak dan menata meja. Untuk tahun ini  bahan dasar yang ditentukan adalah kentang, dengan anggaran tidak lebih dari Rp.50.000,-. Dipandu Tc Eka Puspita Indriani acara memasak dan menata meja berlangsung dengan serunya, tak kalah seru dan ramai adalah acara bazar yang dipandu oleh Tc Duli Mariana, segera saja transaksi jual beli, tawar menawar dimulai. Melihat kiri dan kanan, tampak ananda siswa SD mulai belajar bagaimana menjual dengan menjemput bola, dari menawarkan dagangan dengan cara yang menarik, memberikan diskon, menambahkan bonus dagangan sampai menjual dengan berkeliling. Semua tampak bersemangat !



Pada pukul 10.00 WIB, memasak dan menata meja pun usia, juri mulai mencicipi hasil makanan dari berbagai  resep yang sangat kreatif dan lezat yang terhidang di meja-meja yang telah tersusun dengan indahnya.  Selesai hasil penjurian, siswa-siswi bersama orangtua berkumpul kembali untuk mendengarkan hasil pengumuman.

Hasil perlombaan cooking with family Memasak :
The most delicious food : Kindergarten 2 Boat class dengan hidangan kue lumpur
The most cooperative team : Play group, dengan hidangan Buterbollen

Menata meja :
The most creative decoration : Primary 1 ibnu sina
The most cooperative team : Primary 3 al farabi

Selamat untuk kelompok terbaik, tapi tidak hanya itu semua peserta (kelompok) lomba mendapatkan bingkisan, karena semua adalah juara yang telah bekerja keras dan berpartisipasi  dalam memasak dan menata meja.

Alhamdulillah, acara kemudian ditutup dan semua peserta mempersiapkan diri untuk pulang. Beberapa stand bazar masih berlangsung karena penggunjung masih saja berminat untuk membeli barang-barang yang tersedia.

Terimakasih kami ucapkan atas kerjasamanya pada Komite Sekolah, Orangtua siswa, dan Ananda tercinta yang telah berpartisipasi pada acara ini. Terimakasih juga pada media partner peliput Surat Kabar Radar lampung, Tribun Lampung dan Rakyat lampung.
(lazuardi haura GIS)